MODUL II

 

MACAM-MACAM METODE PENELITIAN

  1. Survey           : Mempelajari data dari sampel yang diambil dari suatu populasi untuk generalisasi
  2. Sejarah          : Merekonstruksi masa lalu secara objektif & akurat seringkali dalam hubungannya dengan dapat dipertahankan suatu hipotesis
  3. Deskriptif:  Mendeskripsi secara sistematis suatu situasi atau bidang minat secara factual dan akurat
  4. Perkembangan:  Menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan dan/atau perubahan suatu fungsi waktu
  5. Ex-post facto (kausal-komparatif):  Meneliti yang telah terjadi dan kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut
  6. Eksperimen Murni: Mencari pengaruh variable tertentu terhadap variable lain dalam kondisi yang terkontrol ketat
  7. Eksperimen-quasi: mengira-irakan kondisi eksperimen dalam suatu setting yang tidak memungkinkan control dan/atau manipulasi semua variable yang relevan
  8. Naturalistik: Meneliti kondisi objek alamiah lewat pengumpulan data yang dilakukan secara induktif dan hasilnya lebih ditekankan pada makna daripada generalisasi
  9. Kebijakan: Meneliti masalah-masalah social yang mendasar dan temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat kebijakan

10. PENELITIAN Tindakan: Mengembangkan metode kerja, ketrelampilan baru atau pendekatan baru yang paling efisien sehingga produktivitas meningkat

11. Kasus dan lapangan: Mempelajari secara intensif latar belakang, status kini, dan interaksi lingkungan unit social tertentu : perseorangan, kelompok, institusi atau komunitas

12. Korelasi         : Menyelidiki sejauh mana variasi dalam suatu factor berkaitan   dengan variasi dalam satu atau lebih factor lain berdasarkan koefisian korelasi

 

Instrumen Penelitian

v  Syarat suatu instrumen penelitian yaitu : Reliabel (Dapat diandalkan ; tepat, stabildan tepat); valid (benar-benar mengukur yang seharusnya).

v  Dalam bidang eksata instrumen penelitian umumnya telah teruji reliabilitas dan validitasnya; misalnya suhu diukur dengan termometer, panjang diukur dengan mistar dll.

v  Dalam penelitian sosial dan pendidikan umumnya instrumen penelitian perlu dibuat atau dikembangkan sendiri oleh peneliti, misalnya angket penelitian.

 

Dalam mengembangkan instrument para peneliti perlu mengikuti pedoman berikut untuk mengurangi atau membuang sama sekali area masalahnya.

  1. instrument harus cocok untuk fungsinya
  2. instrument harus didasarkan atas kerangka teori yang dipilih untuk penelitian yang bersangkutan
  3. lewat instrument, peneliti harus mampu mengumpulkan data yang layak untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan yang diselidiki
  4. instrument harus sahih
  5. instrument harus andal
  6. instrument harus bebas dari bias
  7. instrument yang bagus tidak mengandung pembuka rahasia
  8. instrument harus dirancang dan dibentuk sedemikian rupa sehingga mengecilkan kemungkinan penipuan
  9. harus ada petunjuk sederhana bagi pengguna
  10. penggunaan harus semudah mungkin
  11. harus memasukkan item yang secara langsung mempertanyakan hipotesis

 

KAJIAN PUSTAKA

Kajian pustaka membantu peneliti dalam berbagai hal sebagai berikut.

1. Koleksi pustaka membantu peneliti menelusuri atau memeilih topic penelitian. Dengan menelaah pustaka, suatu topic dapat didekati lewat kerangka pikir yang lebih baik daripada tanpa menelaah pustaka terlebih dahulu. Replikasi pun dapat dilakukan, misalnya apabila lokasinya berbeda.

2. Telaah pustaka membantu peneliti memahami topiknya dengan lebih baik. Hal-hal yang kurang jelas menjadi lebih jelas.

3. Telaah pustaka yang cermat menjamin tidak ada duplikasi penelitian

4. Telaah pustaka membantu dan memandu peneliti dalam menelusuri pustaka yang lebih relevan (dari daftar pustaka yang dikutip)

5. Telaah pustaka membantu dan memandu peneliti dalam menyusun rancangan penelitiannya, khususnya dalam :

a. merumuskan pertanyaan penelitian

b. merumuskan asumsi dan hipotesis (kalau ada)

c. merumuskan kerangka pikiran (konseptual)

d. memilih dan menerapkan metode penelitian

e. memilih dan menerapkan teknik penarikan sampel

f. memilih dan/atau meyiapkan dan memvalidasi instrument penelitian untuk Pengumpulan data

g. memilih dan menerapkan prosedur statistic

h. menganalisis, mengatur, manyajikan dan menafsir data

i. membuat ringakasan mengenai implikasi dari penelitian secara keseluruhan

j. merumuskan ringkasan temuan, simpulan dan rekomendasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s